TOON BOOM ANIMATE PRO
BELAJAR MEMBUAT ANIMASI
MUDAH DAN MENYENANGKAN
ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
DISAJIKAN DENGAN TUTORIAL
LENGKAP DAN MUDAH DIPAHAMI
PEMULA, MENENGAH DAN AHLI
SEMUA BISA BERBAGI DISINI
SALAM SAYA : BUDI KALLA

Populart Post

Workspace pada Toon Boom Animate Pro

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Penulis : Budi Kalla

Seorang anak yang bernama Budi baru belajar untuk menulis membeli sebuah buku tulis bergaris dan pensil sebagai alat yang akan digunakan anak itu untuk belajar menulis. Sepulang dari toko membeli peralatannya, Budi pun kembali kerumah dan mulai untuk belajar menulis. Tentunya Budi akan menulis pada lembaran buku tulis bergaris yang telah dibelinya, dan menggunakan pensil sebagai alat untuk menulis. Nah sedikit cerita singkat Budi ini dapat kita asumsikan bahwa Wokspace yang digunakan oleh si Budi tadi adalah "buku tulis bergaris" dan Toolsnya adalah "pensil" si Budi.

Gambar: Ilustrasi Workspace oleh Budi Kalla


Workspace jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah "lembar kerja". Jadi workspace adalah lembar kerja berupa media yang digunakan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Workspace Toon Boom adalah lembar kerja yang terdiri dari sekumpulan elemen-elemen, peralatan (tools) dan properti yang saling mendukung satu dengan yang lainnya untuk menyelesaikan sebuah proyek pembuatan film animasi atau gambar.

Gambar: Workspace Toon Boom Animate Pro 2

Workspace Toon Boom Animate Pro terdiri dari beberapa space dasar yaitu: 
  • Menu (pada sudut paling atas)
  • File (dibawah menu)
  • Tools (sudut pojok paling kiri)
  • Timeline (posisi paling bawah)
  • Tool Properties
  • Camera sebagai lembar kerja untuk menggambar
  • dan lain-lain
Terdapat 4 pilihan atau setelan workspace pada Toon Boom Animate Pro 2 yaitu: Animating, Compositing, Default dan Hand Drawing. Setiap workspace memiliki tampilan atau jendela yang berbeda-beda, misalnya workspace hand drawing sangat cocok digunakan untuk melakukan gambar langsung objek pada aplikasi atau yang disebut dengan hand drawing dan workspace animating sangat nyaman untuk menganimasikan objek-objek yang telah dibuat. Tidak ada aturan yang mengikat untuk memilih salah satu workspace tersebut, melainkan pemilihan workspace disesuaikan dengan kebutuhan pemakai atau Anda sebagai  Animator. Pengaturan dan pemilihan workspace dapat dilihat pada gambar berikut:

Gambar: Memilih Workspace pada Toon Boom Animate Pro 2

Berikut adalah tampilan dari ke empat Workspace pada Toon Boom Animate Pro 2:

Gambar: 4 Tampilan Workspace pada Toon Boom Animate Pro 2

Bagaimana? Mudahkan mengenal Workspace Toon Boom Animate Pro !!. Workspace pada Toon Boom Animate Pro dapat juga kita kustomisasi atau kita setel berdasarkan kebutuhan kita. Caranya pun sangat mudah, pada menu Windows kita dapat menyeleksi tools-tools yang akan kita tampikan untuk mempermudah/aksebilitas desain kita. Jika bosanpun kita dapat mereset Workspace ke tampilan awal atau Default. Selamat Berkreasi sahabat.

Wassalam
Penulis: Budi Kalla


Post a Comment

#terima kasih telah mengomentari#

Daftar 7 Artikel Terpopuler dengan Kunjungan Terbanyak:

 

Footer

Copyright © 2013. Toon Boom Animate Pro - Belajar Membuat Film Animasi - All Rights Reserved
Thanks to www.idblogsite.com Powered by idblogsite.com