TOON BOOM ANIMATE PRO
BELAJAR MEMBUAT ANIMASI
MUDAH DAN MENYENANGKAN
ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
DISAJIKAN DENGAN TUTORIAL
LENGKAP DAN MUDAH DIPAHAMI
PEMULA, MENENGAH DAN AHLI
SEMUA BISA BERBAGI DISINI
SALAM SAYA : BUDI KALLA

Populart Post

Belajar Animasi Toonboom Animate Bagian 1

Salam Animator, kali ini kita akan memulai sebuah projek baru kita yang pertama. Projek ini dikhususkan bagi animator pemula atau yang baru ingin mempelajari Toonboom Animate.

Langsung saja yah ke langkah-langkah berikut ini:


  1. Buat sebuah project bernama Belajar Animasi 1
  2. Buatlah sebuha layer bernama "latar" seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Dan jangan lupa beri tambahkan Rectangle pada layer dan beri warna putih.

  3. Selantjutnya adalah buat lagi layer dengan nama "BOLA" lalu pada layer tersebut gambarlah sebuah bola dengan menggunakan Eclipse seperti pada gambar dibawah ini:

  4. Setelah gambar bolanya selesai, langkah selanjutnya adalah menganimasikan bola tersebut sehingga dapat memantul. Tapi ingat yah pastikan bahwa gambar bolanya sudah kalian Grouping, caranya adalah dengan mnyeleksi seluruh objek bola lalu klik kanan dan pilih Group lalu Group Selected Layers. Seperti gambar dibawah ini.

  5. Buatlah sebuah keyframe dengan menekan CTRL + F6 pada layer "BOLA" pada time 1 lalu geser posisi bola ke arah sudut kiri bawah.

  6. Setelah itu pada time 20 pada layer "BOLA" tekan F5 (extend explosure / untuk melanjutkan frame yang sama pada baris waktu berikutnya) lalu tekan CTRL + F6 (untuk membuat keyframe). Kemudian geser posisi bola ke atas.

  7. Serupa pada langkah nomor 6 diatas pada time atau baris waktu 40 pada layer "BOLA" geser posisi bola ke bawah dan jangan lupa dengan sebelumnya tekan F5 (extend explosure / untuk melanjutkan frame yang sama pada baris waktu berikutnya) lalu tekan CTRL + F6 (untuk membuat keyframe). 
  8. Setelah itu pada time 60 pada layer "BOLA" tekan F5 (extend explosure / untuk melanjutkan frame yang sama pada baris waktu berikutnya) lalu tekan CTRL + F6 (untuk membuat keyframe). Kemudian geser posisi bola ke atas.
  9. Kembali ke baris waktu 40 pada layer "BOLA", seleksi bola lalu buatlah bola tersebut menjadi pipih. Lihat gambar berikut ini:

  10. Pada baris waktu 20 dan 60 pada layer "BOLA" buatlah menjadi morphing dengan cara tekan ALT+M. Hal ini akan membuat bola menjadi berubah bentuk secara perlahan dari bundar menjadi pipih dan pipih ke bundar kembali.
  11. Jalankan Animasinya dengan klik tombol "PLAY" atau masuk ke menu "PLAY" lalu select "LOOP" untuk perulangan dan select "PLAY" untuk menjalankan animasi.

  12. Hasilnya adalah sebagai berikut:



    Terima kasih telah membaca artikel kami. Bila teman-teman masih kebingungan atau membutuhkan private animasi (khusus kota Makassat) silahkan kontak ke Email: sahabat_ec16@yahoo.com
Gatot said...

Pak itu tugas membuat video,mksudnya apakah tugasnya seperti membuat video clip atau sebuah film/cerita pendek...

tkz,

Fitbek said...

cari video tutorial tentang toon boom animate pro 2 dan adobe premiere pro. Masing2 5 jadi 10 totalnya. Jangan yang kualitas videonya rendah yah. Thanks.

Materi Dalam Hidup said...

bukan tugas itu mksudx pak..
tapi yang tugas kelompok..
yang di surukan buat videos clip atau sekedar film pendek..?

and,terima kasih juga atas informasinya..

Fitbek said...

oh.. kalau sudah ada diposting di Forum di kuliahku.wall.fm
Good Luck !!

Unknown said...

susah gan,asem

Post a Comment

#terima kasih telah mengomentari#

Daftar 7 Artikel Terpopuler dengan Kunjungan Terbanyak:

 

Footer

Copyright © 2013. Toon Boom Animate Pro - Belajar Membuat Film Animasi - All Rights Reserved
Thanks to www.idblogsite.com Powered by idblogsite.com