TOON BOOM ANIMATE PRO
BELAJAR MEMBUAT ANIMASI
MUDAH DAN MENYENANGKAN
ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
DISAJIKAN DENGAN TUTORIAL
LENGKAP DAN MUDAH DIPAHAMI
PEMULA, MENENGAH DAN AHLI
SEMUA BISA BERBAGI DISINI
SALAM SAYA : BUDI KALLA

Populart Post

Syarat mutlak menjadi seorang Animator

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Penulis : Budi Kalla
Seperti halnya untuk membuat Kartu Tanda Penduduk yang memiliki persyaratan, menjadi seorang Animator juga memiliki syarat mutlak yang harus ada pada diri setiap orang Animator. Syarat ini biasanya adalah sebuah syarat bawaan lahir atau yang biasa disebut dengan bakat bawaan lahir. Akan tetapi ini bukanlah menjadi point terpenting untuk bisa menjadi seorang Animator, tetapi dengan semangat yang gigih dan usaha yang optimal disertai dengan doa akan memudahkan untuk sebuah tujuan yang ingin di capai.

Gambar: Contoh animasi sederhana


Satu kata kunci yang mungkin bisa kita sepakati bersama untuk menjadi syarat mutlak tersebut, yakni "Imajinasi yang cerdas". Semua orang dapat berimajinasi akan tetapi tidak semua orang dapat mewujudkan imajinasi yang ada dalam benak mereka, oleh karena itu dibutuhkan sebuah syarat mutlak tambahan yakni "Kreatifitas". Tak hanya berhenti pada titik kreatifitas karena tidak semua orang-orang kreatif dikatakan animator. Seorang animator harus memiliki sebuah kemampuan mengubah sebuah imajinasi menjadi sebuah realisasi dalam bentuk visual, khususnya adalah dari sebuah objek yang tak bergerak menjadi objek yang bergerak dalam bentuk visual. Saya harap ketiga syarat tersebut diatas dapat kita sepakati bersama menjadi acuan untuk dapat memahami sebuah titik pada diri kita untuk bisa mengatakan bahwa saya adalah seorang animator, terlepas dari animasi yang diciptakan menarik atau tidak, laku atau tidak laku di pasaran animasi.

"Seorang animator harus memiliki sebuah kemampuan mengubah sebuah imajinasi menjadi sebuah realisasi dalam bentuk visual, khususnya adalah dari sebuah objek yang tak bergerak menjadi objek yang bergerak dalam bentuk visual"


Dari sedikit pengantar di atas ijinkan saya untuk menarik sebuah benang merah yang dapat dijadikan sebuah tolak ukur bersama menjadi syarat mutlak untuk dapat menjadi seorang Animator. Berikut adalah poinnya:
  1. Seorang animator harus memiliki "Imajinasi yang cerdas"
  2. Seorang animator adalah seorang sosok yang kreatif dan kompeten.
  3. Animator memiliki kemampuan dalam bidang multimedia khususnya menggambar dan menganimasikannya.
  4. Tidak mudah putus asah dan bosan sebab dalam proses pembuatan animasi yang panjang kerap dilanda rasa bosan dan putus asa.
  5. Memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas untuk dapat melakukan pendalaman dan pengembangan animasi.
  6. Mampu bekerja secara individu maupun tim.
Itulah beberapa poin yang menjadi tolak ukur dan menjadi syarat mutlak untuk dapat menjadi seorang animator versi toonboom-animate.blogspot.com. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Penulis,

Budi Kalla
Anonymous said...

salam..sya dari perak...saya minat sgt melukis..dan teringin nk jadi seorang kartunis..tetapi sya x tahu mcm mana nk jadi kartunis..boleh berikan sya sumber-sumber yg boleh memudahkan saya menceburi bidang kartunis

Fitbek said...

Saya fikir minat Anda akan mengantarkan Anda pada sebuah cita-cita yag Anda harapkan asalkan Anda mau berusaha akan hal itu. Ada banyak forum-forum yang membahas tentang pembuatan film animasi mulai dari teknik tradisional hingga teknik yang lebih moderen. Mungkin kita bisa saling berbagi akan kebutuhan pembelajaran yang dibutuhkan pada blog ini. Terima kasih

Rio Donaroe Munthe said...

menurut anda, apakah perusahaan animasi menerima individu otodidak?

Post a Comment

#terima kasih telah mengomentari#

Daftar 7 Artikel Terpopuler dengan Kunjungan Terbanyak:

 

Footer

Copyright © 2013. Toon Boom Animate Pro - Belajar Membuat Film Animasi - All Rights Reserved
Thanks to www.idblogsite.com Powered by idblogsite.com