Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Penulis : Budi Kalla
Pivot dalam bahasa Indonesia yang berarti poros atau sumbu. Sumbu atau poros inilah yang menjadi titik gerak dari sebuah objek dalam animasi. Agar anda lebih mudah memahami maka pivot kita analogikan sebagai siku tangan anda. Ketika tangan akan bergerak maka gerak tangan salah satunya bersumbu pada siku yang merupakan tengah antara lengan dan tangan anda. Contoh lain adalah pada roda sepeda dimana sumbu dari roda tersebut terletak ditengah-tengah trali pada velg sepeda. Maka putaran dari roda sepeda diawali dari perputaran pada sumbunya.
Gambar: Ilustrasi animasi sumbu roda pada kendaraan |
Konsep pivots pada ToonBoom Animate Pro sama saja dengan analogi diatas. Ini sangat penting untuk membuat sebuah gerak objek dalam animasi dimana pengaturan pivots akan mempengaruhi gerakan dan kesalahan pada pivots berdampak pada hasil animasi yang tidak baik pula.
- Pada toolbar pilihlah pivots
Gambar : Setting pivots dengan menempatkan simbol pivots pada titik yang diinginkan - Pada timeline pilihlah lapisan atau layer yang akan anda setting.Catatan : Sebelumnya anda telah membuat sebuah proyek yang akan anda gerakkan dengan settingan pivots ini.
- Pada obyek dalam tampilan kamera, aturlah posisi pivot yang anda inginkan dengan cara menggeser atau klik pada titik yang anda inginkan.
Anda telah melakukan setting pivot pada titik yang anda inginkan. Sekarang adalah waktunya untuk membuat gerakan animasi sesuai dengan keinginan anda. Anda dapat menggerakkan objek tersebut dengan menggunakan Rotate Tools dengan cara pilih Windows pada Menu lalu Toolbars dan pilih Advance Animation. Ikuti langkah berikut sesuai dengan tampilan gambar berikut:
Gambar : Animasi menampilkan Rotate Tools, Translate dan kawan-kawan. |
Gambar: Animasi gerakn tangan dengan pivots pada siku |
Wassalam
Penulis,
Budi Kalla
Post a Comment
#terima kasih telah mengomentari#