TOON BOOM ANIMATE PRO
BELAJAR MEMBUAT ANIMASI
MUDAH DAN MENYENANGKAN
ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
DISAJIKAN DENGAN TUTORIAL
LENGKAP DAN MUDAH DIPAHAMI
PEMULA, MENENGAH DAN AHLI
SEMUA BISA BERBAGI DISINI
SALAM SAYA : BUDI KALLA

Populart Post

Dasar Animasi ToonBoom - Membuat Animasi Kincir Angin Pegunungan Massenrempulu

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Penulis : Budi Kalla
Sahabat, tahu dengan kincir angin bukan? sudah tentu tahu kan!!. Nah pembasan kita kali ini adalah seputar kincir angin kawan. Kita akan membuat sebuah proyek baru menggunakan ToonBoom Animate untuk membuat sebuah animasi kincir angin.



Secara sederhana kincir angin adalah sebuah benda dengan beberapa buah kipas yang pipih dan berputar pada sebuah sumbu. Karena disebut dengan kincir angin maka kincir berputar menggunakan tenaga angin. Kegunaan dari kincir angin ada banyak diantaranya adalah digunakan sebagai pemompa air, menumbuk biji-bijian dan pembangkit listrik. 

"Catatan terpenting kita sebelum memulai membuat proyek ini adalah pastikan bahwa sebelumnya Anda telah membaca dan mempraktekkan proyek-proyek kita sebelumnya. Tentunya Anda akan kebingungan jika langsung pada proyek ini."


Imajinasi kita tentang kincir angin sudah terbentuk. Nah, sekarang waktunya untuk membuat animasi dengan tema kincir angin. Berikut adalah langkah-langkahnya: 
  1. Langkah awal kita adalah dengan membuat project baru ToonBoom Animate dengan resolusi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pada Pembelajaran kali ini Kami membuat proyek baru dengan pilihan NTSC 720 x 540 dan 24 fps. Total timeline atau baris waktu yang kita gunakan adalah 20 baris waktu.
  2. Setelah proyek animasinya terbentuk maka yang pertama kita akan lakukan adalah membuat kipas dari kincir angin menggunakan Tools Rectangle seperti gambar berikut:


    Awalnya buatlah sebuah objek dengan model persegi panjang lalu bentuk seperti pada gambar diatas menggunakan Tools Contour Editor

    Caranya sangatlah mudah kawan, hanya dengan menarik pada setiap sudut dan membentuk sesuai dengan pola diatas menggunakan Tools Contour Editor.
  3. Setelah sebuah kipas seperti gambar diatas selesai, kini saatnya kita membuat 2 buah kipas lagi untuk membuatnya semakin menarik. Salin objek kipas pertama dan putar (rotate) menggunakan Tools Transform.

    Atur arah putaran sehingga membentuk objek seperti gambar berikut:

  4. Setelah objek terbentuk sesuai dengan pola yang diinginkan waktunya kita memberikan warna pada objek agar tidak terlihat monotone dan membosankan saat kita mengolah proyek animasi. Jangan lupa yah tambahkan lingkaran kecil di tengan sumbuh dengan menggunakan Tools Ellipse.

  5. Lakukan Group dari keseluruhan Objek dengan cara seleksi semua objek kipas lalu klik kalan dan pilih group-group atau dengan menekan Ctrl+G.

  6. Lengkapilah dengan objek lainnya seperti tiang, latar belakang langit dan bukit atau lembah. Ingat bahwa setiap objek dibuat pada masing-masing lapisan atau layer.
  7. Setelah melengkapi obyek saatnya kita menganimasikan objek yang telah kita buat sebelumnya yakni memutar baling-baling kincir angin. Caranya mudah kawan, pada timeline 0 pada lapisan BALING-BALING tekan F5  dan kembali ke timeline 1 lalu tekan F6 untuk membuat keyframe diikuti dengan pada timeline 10 dengan menekan F6 untuk membuat keyframe. Setelah keyframe terbentuk pilih layer dimana Anda membuat kipas tadi lalu pilih kipas (BALING-BALING) dengan cara menyeleksinya (semua objek kipas akan terseleksi karena sebelumnya telah kita lakukan grouping).
  8. Letakkan pivot berada ditengah-tengah sumbu kipas untuk membuat putaran kipas memutar dari titik ini. Jika Anda keliri pada tahapan ini maka baling-baling Anda akan memutar dengan kacau balau

  9. Pastikan anda berada pada timeline 10 pada lapisan BALING-BALING lalu putar baling-baling tersebut dengan menggunakan transform. Lakukan putaran sebesar 430 derajat kearah kanan (pastikan bawah titik awal A posisi kipas berbeda dengan titik tengah B). Perhatikan gambar berikut:


    Lakukan hal serupa hingga pada titik C pada gambar atau pada timeline 20.


  10. Setelah melakukan langkah-langkah diatas dengan baik dan benar maka kincir angin Anda telah dapat berputar. Lakukan hal serupa untuk membuat satu lagi kincir angin pada perspektif yang berbeda dengan kincir angin yang pertama. Sebagai acuan dan hasil akhir dan proyek kita kami tampilkan hasil proyek ini sebagai berikut :



    Wassalam
    Penulis,


    Budi Kalla

Post a Comment

#terima kasih telah mengomentari#

Daftar 7 Artikel Terpopuler dengan Kunjungan Terbanyak:

 

Footer

Copyright © 2013. Toon Boom Animate Pro - Belajar Membuat Film Animasi - All Rights Reserved
Thanks to www.idblogsite.com Powered by idblogsite.com